Selasa, 20 September 2011

PURSUING GOOD PRACTICE OF SECONDARY MATHEMATICS EDUCATION THROUGH LESSON STUDIES IN INDONESIA


By Marsigit
Reviewed by Siti Subekti
Beberapa tahun ini, terdapat proyek pendidikan yang mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pendidikan menengah dengan memperkenalkan kurikulum yang baru. Namun, dalam proyek ini terdapat sebuah tantangan besar, yaitu praktisi untuk membangun praktek yang baik dalam proses belajar mengajar.  Satu solusi dari tantangan tersebut telah diusulkan, yaitu membudayakan lesson study.  Lesson study ini dikembangkan oleh para guru yang bekerja sama dengan para dosen dan instansi terkait dengan mencoba berbagai metode mengajar yang tepat bagi siswa dan kemudian mengujicobakannya. Peningkatan orientasi pendidikan ini tentunya didasari oleh latar belakang  dari filosofis praktek mengajar yang baik. Kualitas pengajaran itu sendiri terkait dengan fitur umum terkuat untuk semua contoh praktek yang baik.
Brown dalam Riley (1992) menyarankan bahwa fitur praktek yang baik adalah membina  sikap positif untuk Matematika, penekanan pada penerapan Matematika, rencana belajar yang baik, anak-anak merumuskan percobaan dan merevisi  hipotesis, kerja dan pola dan hubungan, berbagai pendekatan untuk perhitungan, penggunaan kalkulator, pengalaman  pengukuran dan estimasi yang luas, kebijakan yang jelas mengenai Matematika,kerja  individu dan kelompok yang sesuai, kesempatan untuk bekerja kooperatif,  intervensi guru yang positif dan sesuai waktu, memenuhi kebutuhan melalui diferensiasi kerja, penggunaan pengalaman praktis dan percobaan, lintas kerja kurikuler,  refleksi yang tepat dari keragaman budaya, pekerjaan eksplorasi yang relevan, serta merangsang lingkungan kerja serta pengajaran yang efektif.
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan metode pengajaran yang fleksibel, sehingga kinerja dan prestasi siswa dapat dinilai selama proses pembelajaran berlangsung.  Dalam metode ini, pembelajaran lebih berpusat kepada siswa sehingga siswa memiliki pengalaman dan kesempatan untuk mengungkapkan hal yang mereka pelajari. Lesson Study lebih menekankan belajar daridapa belajar, membangun pengetahuan siswa  daripada menstransfer ilmu, memprioritaskan proses daripada hasil, mencari daripada mengenalkan, serta satu metode menjadi berbagai metode.
Tujuan dari lesson study  adalah memberikan kontribusi  perbaikan pendidikan Matematika dengan m prakter pengajaran Matematika yang baik. Sedangkan tujuan khususnya adalah:
1)      mengembangkan instrumen dan peralatan untuk proses belajar mengajar
2)      mengembangkan metode pengajaran dan model untuk proses pembelajaran
3)      mengembangkan materi mengajar untuk belajar mengajar proses, dan
4)      mengembangkan evaluasi mengajar untuk proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar