Selasa, 20 September 2011

DEVELOPING ICT FOR PRIMARY AND SECONDARY MATHEMATICS TEACHER PROFFESIONAL DEVELOPMENT: THE USE OF VIDEO IN LESSON STUDY


To be presented at Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika
On Friday, 24 November 2006
By Marsigit
Reviewed by Siti Subekti
Seorang guru yang professional  hendaknya memiliki pengalaman mengenai interaksi kelas yang kompleks sehingga ia dapat menguasai situasi kelas. Sayangnya, masih banyak guru yang belum memiliki keterampilan tersebut. Untuk mengatasi ini, pemerintah menggunakan salah satu aspek pengembangan ICT untuk mempromosikan pengembangan guru professional. Pengembangan ICT tersebut berupa video tape recorder (VTR). Dengan adanya VTR ini, proses belajar mengajar yang baik dapat direkam dan dapat ditampilkan kembali sebagai contoh bagi para guru yang lain. Sehingga hal ini dapat mendorong dan memotivasi guru untu meningkatkan kompetensi mereka.
Dalam pendidikan guru dan reformasi dalam pendidikan Matematika, VTR dapat memiliki beberapa manfaat, sebagai:
1)      Ringkasan singkat pelajaran dengan penekanan pada masalah utama dalam pelajaran
2)      Komponen pelajaran dan peristiwa utama dalam kelas
3)      Kemungkinan masalah untuk diskusi dan refleksi dengan guru mengamati pelajaran.
Menurut M. Isoda, Lesson Study dibagi menjadi tiga bagian, yaitu perencanaan pelajaran, bagian observasi serta bagian diskusi dan refleksi. Melalui pengamatan VTR, kita dapat belajar hal-hal  dan menerapkannya dalam kegiatan selanjutnya.
Sedangkan materi yang disiapkan untuk pengggunaan VTR dapat dirancang atas dasar
kriteria bahan mudah ditemukan dan dimainkan yang dikelompokkan menjadi bagian kecil (agar pembaca dengan mudah bisa membuat istirahat selama proses pembelajaran) dan disertai dengan refleksi, latihan, dan tugas lainnya.
Dari sebuah pengamatan, didapatkan persepsi guru tentang VTR adalah sebagai berikut.
1)      VTR adalah model yang baik bagi pengajaran Matematika.
2)      VTR adalah model yang baik dan perlu disosialisasikan kepada guru-guru lain.
3)      Pengajaran menggunakan VTR merupakan model yang baik tetapi masih ada beberapa kendala untuk melaksanakannya, antara lain mengenai kurangnya waktu guru, ketidaksiapan siswa, anggaran yang terbatas dan kurangnya fasilitas pendidikan.
Proses promosi pengembangan guru profesional melalui VTR maupun pembelajaran dengan bantuan VTR tidak terlepas dari peran ICT. Sebagaimana disebutkan oleh Dewan Nasional Guru Matematika dalam Prinsip dan Standar Matematika Sekolah yang mengidentifikasi teknologi sebagai pedoman untuk pengajaran dan pembelajaran Matematika dan panggilan bagi para guru untuk menggunakan teknologi untuk mendukung lingkungan belajar yang kuat. Penggunaan teknologi yang tepat dapat membantu guru matematika dalam memperdalam pemahaman tentang konten Matematika dan pengiriman, pengembangan pelajaran dan kolaborasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar