Kamis, 03 November 2011

PROMOTING LESSON STUDY IN INDONESIA: A Case of Primary and Secondary Mathematics and Science Teaching

By Marsigit
Reviewed by Siti Subekti

Dalam rangka meningkatkan standar pendidikan di Indonesia, salah tugas utama yang penting adalah meningkatkan kualitas pengajaran. Program-program yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran adalah perbaikan kualitas guru, penyediaan fasilitas belajar dan peralatan, perbaikan kurikulum pendidikan dasar serta pengembangan dan pemanfaatan teknologi komunikasi untuk pendidikan. Lesson study merupakan salah satu langkah yang digunakan. Tujuan dari kegiatan Lesson Study adalah memberikan kontribusi perbaikan matematika sekunder dan pendidikan ilmu dengan mengembangkan pembelajaran model dalam skema Lesson Study.
Lesson plan dilakukan oleh IMSTEP-JICA dan SITTEM. IMSTEP-JICA melakukan Lesson Study untuk matematika sekunder dengan Penelitian Tindakan Kelas, terutama pendekatan. Guru berusaha meningkatkan praktek belajar-mengajar untuk menemukan metode yang lebih tepat untuk memfasilitasi siswa belajar. Guru merasa bahwa Lesson Study memberi hasil yang positif karena dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam menemukan variasi pendekatan pengajaran dan metode pengajaran. Melalui SISTTEM, Lesson study didefinisikan sebagai metode orientasi praktek untuk meningkatkan ketrampilan mengajar oleh guru sendiri, biasanya mencakup rencana, melaksanakan rencana, dan merefleksikan pelajaran sehingga memberikan umpan balik kepada guru. SISTTEM melakukan beberapa pelatihan untuk kepala sekolah, pemimpin MGMP (guru klub) dan pengawas. Isi dari pelatihan meliputi komunitas konsep belajar, studi pelajaran, dan inovasi pelajaran.
Lesson study dilakukan dua kali, yaitu mempromosikan pemikiran siswa dalam konsep perkalian umum yang terendah melalui pendekatan realistis pada kelas 4 dari pembelajaran Matematika utama dan mengembangkan metode Matematika dalam pembelajaran Total Area dari silinder dan bola sama dengan volume sirkuler pada kelas VIII SMP.
Dalam lingkup internasional, kerja sama tentang Lesson Study dimulai saat pertemuan ke tiga menteri pendidikan APEC. Dalam pertemuan tersebut, terdapat saran untuk melakukan studi kolaboratif pada inovasi pembelajaran  matematika dalam budaya yang berbeda antara anggota APEC. Tujuan proyek ini adalah untuk berbagi ide dan cara berpikir matematika yang diperlukan bagi ilmu pengetahuan, kehidupan teknologi, ekonomi dan pembangunan di Negara anggota serta bersama-sama mengembangkan pendekatan pengajaran tentang pemikiran matematika melalui Lesson Study antara anggota APEC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar